Perks of Hanging Out with Older People than Your Peers

Halo November.

Kalau saya bilang waktu rasanya berjalan cepat banget, klise ya. Tapi bener deh, sekarang sudah hampir tiap hari saya pakai coat dan heater di kelas-kelas sudah mulai dinyalakan, padahal rasanya baru kemarin liburan musim panas berakhir berikut perpisahan sama kakak-kakak yang sudah harus balik ke Indonesia for good. Di satu sisi saya pengen banget semester ini cepet selesai karena semester ini banyak banget specialized subject courses yang udah bikin stress di minggu keempat perkuliahan. Di sisi lain, saya nggak mau semester ini cepet selesai karena berarti saya juga harus perpisahan lagi sama orang-orang terdekat saya disini, di Kyoto.

Beberapa bulan lalu, atau tepatnya setahun lalu kali  ya, saya pernah curhat di blog saya yang lama tentang betapa kangennya saya sama temen-temen di Indonesia. Saya ingat betul saya tulis kalau saya menyesal tidak mempertimbangkan faktor teman ketika memutuskan untuk pindah ke Jepang. Apalagi saat itu saya baru selesai liburan dari Indonesia dan baru sekitar 5 bulan pindah. Ada yang bilang cuma home sick, atau kata teman SMA saya Nadia, it takes time to find the right one. Di awal-awal kedatangan saya ke Kyoto, saya merasa insecure karena saya belum menemukan teman yang benar benar bisa nyambung atau ‘click’ sama saya. Apalagi, di lingkungan pelajar Indonesia disini, atau PPI, kebanyakan isinya mahasiswa S2 dan S3 jadi saya insecure kalau mau main bareng. Jadilah saya semi frustasi cari teman seumuran yang bisa click sama saya.

Tapi ternyata Nadia benar, it takes time.

Buat saya, not that it takes time to find my ‘click-peers’ but it takes time to adapt with new circle of friends. Alhasil, saya jadi super deket sama lingkaran pertemanan yang isinya kakak-kakak dari berbagai disiplin ilmu dan angkatan, alias umur (hehe). Di lingkaran pertemanan ini, range umurnya yang menurut saya bikin paling menarik dengan saya termasuk yang paling muda sampai kakak yang bedanya sepuluh tahun dari saya. Menarik karena beda umur kita nggak se berpengaruh ternyata sama konsep pertemanan yang selama ini saya punya. Simpelnya, walaupun beda umur kita sampe 5 atau 10 tahun, kita nggak ada yang namanya jaga image atau nggak enakan satu sama lain. Kayaknya ditambah complex saya sebagai anak pertama, saya pengen banget punya kakak, jadi saya seneng-seneng aja dijadiin yang paling kecil di dalam grup. Awalnya saya juga nggak tiba-tiba terbuka sama mereka, karena pertama, saya takut obrolan kita nggak nyambung karena age gap atau insecure otak saya nggak nyampe sama obrolan kakak-kakak. Turned out it’s not! Justru saya merasa banyak dapet manfaat dari lingkaran pertemanan random ini. Continue reading “Perks of Hanging Out with Older People than Your Peers”

Advertisements
Perks of Hanging Out with Older People than Your Peers

Cafe Hopping Around Omotesando and Minami Aoyama, Tokyo

Hello there.

So this is going to be my very first post and I think it will be good if I reviewed my cafe hopping result in Tokyo last week.

I really like having “some time alone” for myself which differs from a me-time. It’s hard for me to focus doing particular task like studying or doing homework when I have friends around. Not that I don’t like it, it’s just hard concentrating and I will prefer having conversation with them. So time to time, I really like to alienate myself by going to near cafes alone (plus I’m a good eater). I really like doing this thing alone, taking photos, enjoying the solitude, all by myself. Hence it became sort of habit to try new cafes or coffee shops or restaurants (well you name it) and I kind of rely on internet reviews to decide where to go. So here I am, trying to make one.

Luckily, I got called for an interview in Tokyo last Sunday. This wasn’t my first time going to Tokyo, but this was my first time going there alone. Since this interview call was a sudden for me, all of my friends and acquaintances in Tokyo had already planned something for the weekend. I had no idea where to go after the interview ended which was around 11 am and planned to just go straight home. However, I changed my direction since it’s a waste for my free Shinkansen ticket to Tokyo. Instead, I walked around Omotesando area to try yummy famous desserts in the area.

My final plan was to go to Sunny Hills, a pineapple cake and juice shop with unique architecture designed by Kengo Kuma. However, I got off the JR Train near Takeshita-dori (Harajuku) to grab CroquantChou Zaku Zaku that I craved and then walked straight to Omotesando Hills area.

Processed with VSCO with a6 preset

screen-shot-2016-10-30-at-5-24-29-pm
I walked from the left top until the middle right on the map.

 

Continue reading “Cafe Hopping Around Omotesando and Minami Aoyama, Tokyo”

Cafe Hopping Around Omotesando and Minami Aoyama, Tokyo